Google Chrome
Beberapa syarat yang diperlukan untuk dapat menikmati berselancar di dunia maya adalah :
1. Koneksi internet bekecepatan tinggi.
2. Browser yang mumpuni.
3. Memory yang cukup.
4. Prosesor yang canggih yang sanggup mengolah data dengan cepat.
Dari hal di atas, yang mau saya singgung adalah point no.2, yaitu Browser yang mumpuni, mumpuni dalam artian serba bisa, pengoperasian tidak terlalu ribet/ simple/ minimalis tampilannya, interaktif, dan user-friendly, tetapi sangat canggih.
Pengalaman saya menggunakan Google Chrome ini sangat menyenangkan, selain berkecepatan tinggi/ responsif dalam pencarian.
Begitu tampilan pertama kita buka, yang terpampang adalah sebentuk page yang simple. Di situ hanya ada tombol yang paling penting saja antara lain : back, forward, reload, bookmark, address panel, dan setting. Itu semua cukup diwakilkan dengan icon-icon yang sederhana, tapi dibalik icon itu merangkum 2-4 fungsi sekaligus. Ada satu bentuk yang mirip folder tab yang di ujungnya ada tanda (x) untuk menutup folder yang sudah tidak kita perlukan. Jika kita mau membuka tab baru di browser yang lain kita harus lari ke menu File=>Open Link in new tab, di Chrome kita cukup meng klik tombol (+) disamping Tab Folder yang sudah ada. Begitu kita klik akan muncul page baru yang akan siap kita gunakan.
Selain itu bekas / hasil pencarian kita akan “diingat” oleh mesin, dan akan dengan mudah kita hampiri kembali karena pada saat kita menutup browser kita , sang mesin akan mengingat dan hasilnya ditampilkan berbaris dan berderet yang masing-masing gambarnya bisa kita gunakan sebagai short cut untuk kembali ke halaman yang pernah kita kunjungi tersebut.