srpTak gendong kemana-mana 3x
Mantep dong enak dong
Daripada naik pesawat kedinginan
Mendingan tak gendong ayooooooo
Tak gendong kemana -mana3x
Mantep dong enak dong
dari pada naik taksi kesasar
mendingan tak gendong
wear aryou doing
oke iam hoking

lirik ini pasti sangat akrab di telinga kita, karena hampir tiap hari lagu ini nongol di layar kaca kita, baik balita, remaja, maupun lansia sangat akrab dengan lagu ini. Liriknya yang sederhana-jenaka dan irama reggaenya yang enak begitu menggoda kita untuk melantunkannya.
Yang membawakan adalah seorang lanjut usia yang terkenal justru pada saat akhir hidupnya.
Pandu sangat keranjingan menonton kartun, dan kebetulan saluran TV yang dipilihnya adalah Space Toon “Saluran Masa Depan !”, dari salah satu slot iklan, lagu Mbah Surip yang berjudul “Tak gendong” ini mulai mengudara. Mula-mula aku tak tertarik dengan lagunya yang terkesan celelek an/ tidak serius, tp karena model videonya lucu dan banyak bintang terkenal yang terlibat(Agus “ringgo”, Desta”club 80’s dll), mau tak mau aku pun larut dengan Pandu menikmati lagu ini.

Konon dari lagu ini Mbah Surip jadi Milyarder dadakan
sumber:http://celebrity.okezone.com/read/2009/07/10/205/237673/mbah-surip-dapat-royalti-rp4-5-m-dari-lagu-tak-gendongmbah-suuriipppppp

Yang menarik bagi aku , semakin lama aku mengenal Mbah Surip, semakin kagum aku dibuatnya. Dari berbagai wawancara TV yang aku ikuti ternyata beliau memiliki latar belakang ilmu yang lumayan tinggi, lulusan perguruan tinggi setingkat S2, tapi jiwa seni dan kenyentrikannya memilih untuk tidak menonjolkan semuanya itu, dan dengan kesederhanaan yang makin sulit dijumpai di negeri ini dia menyongsong ketenarannya. Meskipun terkenal dan kaya Mbah Surip tetaplah Mbah Surip yang nyentrik dan sa’ enak udel’e dewe. Dengan gayanya yang orisinil dia menjadi ikon penghibur di Indonesia dengan gayanya sendiri yaitu menjalani hidupnya dengan apa adanya.

ada beberapa manfaat yang dapat kita petik dari kisah perjalanan hidup seorang mbah Surip, yaitu :
Selalu tersenyum dan tertawa menggembirakan semua orang. Kesederhanaan dan kebersahajaannya.

Selamat jalan , Mbah !