Apakah BitTorrent itu ?
BitTorrent (sering disingkat menjadi ‘BT’)adalah sebuah protocol unduhan (suatu kumpulan aturan dan cara-cara pengerjaanya) yang memungkinkan kita untuk mengunduh file secara cepat dengan cara mengatur proses pengunduhan suatu file secara bersamaan mengunggah bagian-bagian yang telah terunduh untuk membantu pengunduh lain supaya dapat mengunduh dengan lebih cepat. BitTorrent sering dimanfaatkan untuk pendistribusian file-file yang berukuran besar, file yang banyak diminati karena dapat menekan biaya, lebih efisien dan cepat untuk mendistribusikannya dengan menggunakan BitTorrent dibanding menggunakan cara-cara download yang konvensional/ umum.

µTorrent maupun laman-laman torrent yang lainnya adalah BitTorrent client. ‘Client’ yg dimaksud di sini adalah program computer yang harus kita install di komputer kita, yang mengikuti protokol BitTorrent tadi. Contohnya, HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengunduh laman web dan sejenisnya dan merupakan client HTTP (browser) adalah program yang kita gunakan untuk mengambil laman web tadi . Beberapa browser yang populer termasuk Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, Chrome dan Opera. Ringkasnya , mereka bekerja dengan cara yang sama atau mirip , karena semua mengikuti rule atau aturan yang sama.

Bagaimana caranya mengunduh dengan menggunakan BitTorrent?

Sama seperti anda memerlukan sebuah URL semacam ‘www.yahoo.com’ untuk menuju laman web dan download content, kita juga butuh ‘ file torrent ‘, sebuah file kecil yang bisa membantu kita meminta klien BitTorrent info-info yang diperlukan untuk mengunduh content yang kita perlukan. Biasanya kita bisa mendapatkannya lewat laman web torrent. Banyak laman web yang menawarkan torrent sebagai salah satu metode / cara mengunduh file. Contohnya, OpenOffice.org, sebuah alternatif pengganti Microsoft Office, dapat diunduh menggunakan BitTorrent. Situs lain, seperti legaltorrents.com, menawarkan torrent-torrent yang berbagai macam.Situs semacam ini biasanya hanya sebagai repositori torrent dan tidak selalu menawarkan  file -file sendiri yang terkandung di dalamnya., yang disebut index atau tracker – sangat tipis beda antara keduanya, tapi kalau masih penasaran juga bisa dilihat di Wikipedia.
Begitu anda mendapatkan fle untuk mengunduh torrent langsung saja diimport file tersebut ke µTorrent.

Ada beberapa cara untuk itu :
1. Klik File, kemudian Add Torrent  atau
2. Double-click file torrent .
3. (advanced) klik File, kemudian Add Torrent dari URL di µTorrent (atau tekan CTRL+U), dan masukkan URL yang memuat file torrent.

Tapi kalau kita tidak mau repot-repot mengunduh atau menginstall software, kita bisa langsung mengunduhnya lewat Bitlet. Kita hanya perlu mengcopy URL link ke kolom yang tersedia dan pilih download torrent untuk mendapat hasilnya.

Kita bisa mengunduh file torrent yang berisi film-film lama favorit kita semasa kecil seperti, The Six Million Dollar Man, The Bionic Woman, Voyage to The Bottom of the Sea maupun file-file film terbaru yang sedang top masa sekarang. Keunggulan file torrent dalam mengunduh file adalah ketika kita hendak mematikan komputer kita, kita tidak perlu khawatir akan file yang sudah berhasil kita unduh, meskipun link terputus hasil unduhan (sementara) tetap akan tersimpan hingga kita melanjutkankannya kembali, tanpa khawatir hilang. Pengunduhan bisa kita lanjutkan esok hari ketika kita menghidupkan kembali komputer kita.

Di atas sudah kita singgung, tentang file yang sudah kita unduh akan bermanfaat bagi pengunduh yang lain. Manfaat yang dimaksud di sini adalah sesudah file berhasil kita download, maka posisi file tersebut akan seeding( menabur ) dalam pengertian saya menabur berarti membantu proses pengunduhan orang lain karena file kita berfungsi sebagai repositori , semacam link mirror yang akan mempercepat proses pengunduhan. Jadi tipsnya kalau kita pengin mencari file supaya terunduh cepat, kuncinya kita mencari link file torrent dengan seeder dan peer yang banyak. Satu file yang sama bisa saja mempunyai berbagai link torrent lebih dari satu, pilihlah yang mempunyai seeder dan peer yang banyak.

Selamat Mencoba !