Ada program bawaan windows yang berfungsi menata kembali file-file yang telah kita gunakan agar dapat tertata kembali di tempatnya dan mempercepat proses akses yang bernama Disk Defragmenter , sedang prosesnya dinamakan defragmenting. Tujuannya adalah mengoptimalkan waktu tempuh menuliskan file dari dan ke disk dengan meningkatkan kecepatan transfer datanya, selain itu juga berfungsi meningkatkan kinerja systems komputer kita pada saat awal kita menghidupkan komputer. sesuai definisi dari oom Wiki

Tetapi kelemahannya program ini berjalan sangat lamban dan lama. Acapkali kita sering harus menyiasatinya dengan men-defrag-nya malamhari dan membiarkanya sampai dengan proses selesai dengan sendirinya selama semalaman. Hal ini sering harus kita lakukan karena menunggu sampai dengan proses defragmentation sangat membosankan.

Ada alternatif lain kita melakukan proses defrag dengan mudah. Program yang bernama Auslogics Disk Defrag tersedia gratis (freeware) dan tanpa syarat.

Begitu selesai kita download, kita bisa mulai melakukan proses defragmenting, kita bisa langsung memilih berapa hard drive yang akan kita defrag secara sekaligus. Ada juga pilihan untuk mematikan komputer begitu proses defrag selesai dilakukan. Kita tinggal mencentang disk drive yang akan kita defrag dan langkah terakhirnya adalah mengklik tombol defrag. Anda akan terkaget-kaget melihat cara kerjanya bila anda membandingkan dengan disk defrag bawaan dari windows.

Selamat mencoba !