Di Facebook sekarang kita bisa menemukan page group penggemar Tulisan Jawa atau Hanacaraka.

di link ini kita bisa mendapatkan cara :

1. Bagaimana agar tulisan Jawa Hanacaraka bisa terbaca di komputer kita.
2. Bagaimana agar kita bisa mengetik huruf Jawa Hanacaraka lewat komputer kita.
3. Bagaimana cara menginput pasangan2 huruf agar sesuai dengan tatacara dan kaidah Bahasa Jawa.

Bahasa Jawa memang unik. Tidak perlu susah-susah mempelajarinya, hanya ada beberapa perkecualian bila kita mengetik dengan menggunakan keyboard Jawa yang telah kita install.
Bila kita sudah pernah mendapatkannya, sewaktu SD atau SMP, tentu kita tak perlu lama-lama lagi untuk bisa mengingat-ingatnya kembali.

Pada saat blog ini saya tulis sudah tercatat sebanyak 1985 member yang sudah mendaftar di Group Page ini dan saya yakin akan terus bertambah.

Pada saat ini ada kecemburuan rasa di hati saya tiap kali menyaksikan Saudara kita Bangsa Jawa yang tinggal di Suriname. Mereka begitu bangga dengan keJawaannya, sampai-sampai mereka tidak meninggalkan ciri khas mereka, kebudayaan, bahasa ibu mereka meskipun mereka kini tinggal beribu-ribu kilometer dari Tanah Jawa.

Mereka bahkan punya stasiun radio Jawa yang bernama rtv-garuda yang bisa anda klik bila anda ingin mendengarkannya streamingnya.
Mereka juga sering mengundang para artis dan seniman kita untuk manggung di sana. Jadi nama-nama artis semisal Didi Kempot ataupun Waljinah sudah tidak asing lagi di telinga mereka.

Jadi jangan minder kalau ngomong Jawa ya? Bahasa Jawa bila kita lestarikan pasti akan menjadi salah satu bahasa Internasional juga. Semoga.

Advertisements